Jenis Kualitas Film


Jenis Kualitas Film

           Hai Sobat KSF, pada kesempatan ini saya akan berbagi penjelasan tentang beberapa kualitas film yang diupload selama masih ada dibioskop hingga menjadi versi bluray. Banyak pecinta film bajakan yang tak sabaran ketika film yang disukainya baru saja tayang di bioskop dan tergesah-gesah ingin segera mendownload film tersebut. Padahal ketika film baru keluar dibioskop, versi pertama yang keluar disitus-situs download adalah versi CAM, yang merupakan versi terburuk dalam kualitas downloadan

           Bagi kalian pecinta film bajakan pasti tidak asing lagi dengan kata-kata HDCam, WEBRip, DVDRip, HDRip, HDTV, WEB-DL dan Bluray. Ya, itu semua adalah versi kualitas dari film tersebut yang biasanya tercantum di judul, jika kalian masih bingung akan versi-versi tersebut saya akan memberi sedikit penjelasan agar kalian tidak kecewa ketika mendownload film yang kualitas gambar dan suaranya tak sesuai dengan yang harapan (kualitas rendahan).

Berikut ini urutan kualitas film yang diupload dari yang terburuk hingga yang terbaik : (CAM / HDCAM) à (TS) àDVDScr) à (R5) à (WEBRip / DVDRip) à (HDRip / HDTV) à (WEB-DL) à (Bluray / BRRip)

1.        Kualitas CAM / HDCAM
CAM adalah kualitas film yang paling terburuk dibandingkan kualitas yang lainnya, biasanya kualitas ini yang terlebih dahulu keluar karena CAM bersumber pada bioskop yang direkam melalui Handycam. Kualitas gambarnya buram, terkadang ada kepala yang menghalangi kamera/ orang yang lewat dan juga tidak jarang gambarnya pun bergoyang. Sama halnya dengan gambarnya, suaranya pun masih buruk karena tanpa sengaja suara dari penonton yang sedang tertawa ketika kejadian lucu ikut terekam. Sedangkan kualitas HDCam adalah perbaikan dari kualitas CAM, jadi kualitas ini sedikit lebih bagus dibandingkan CAM.

2.        Kualitas Telesync (TS)
TS merupakan kualitas film yang lebih baik dibandingkan CAM/HDCam, tetapi hanya pada bagian suara saja karena siperekam menggunakan audio recording di sumber suara yang terdapat di bangku penonton yang memiliki masalah pendengaran dan memperbaiki suara dari kualitas CAM dengan alat tesebut, jadi suara dari penonton tidak terdengar lagi. Sedangkan untuk gambarnya masih sama alias masih buruk.

3.        Kualitas DVDScr
DVDScr merupakan kualitas film yang tidak berbeda jauh dengan kualitas TS atau CAM. Kualitas ini yang masih tergolong buruk. Kualitas ini diambil dari bioskop-bioskop asia seperti China dan Korea.

4.        Kualitas R5
Kualitas ini sama halnya dengan DVDScr karena jenis ini adalah hasil rekaman dari perilisan DVD. biasanya dikualitas ini terdapat subtitle China, Korea, atau bahasa lainnya yang menggangu ketika ditonton. Terkadang kualitas gambarnya setara dengan DVDRip tetapi kadang juga berkualitas TS, sedangkan untuk kualitas suaranya ada yang bagus tetapi juga ada yang masih buruk.

5.        Kualitas WEBRip
WEBRip merupakan kualitas yang sudah setara dengan DVDRip tetapi masih bisa dibilang di bawah kualitas DVDRip, kualitas jenis ini diambil langsung dari sebuah situs yang menyediakan video streaming. Kualitas ini juga cocok untuk kalian yang suka mendownload film menggunakan smartphone karena resolusi dikualitas ini sangat jernih dan pas untuk diputar di smartphone anda.

6.        Kualitas DVDRip
DVDRip merupakan kualitas yang sudah cukup bagus karena kualitas ini diambil dari DVD original yang dirilis secara resmi, jadi jika menonton film dengan kualitas DVDRip sama saja menonton dari kaset DVD. DVDRip mengambil videonya saja, extra features, audio commentaries, dan lainnya dibuang. Jadi kualitasnya sama dengan DVD asli.

7.        Kualitas HDRip dan HDTV
Kedua kualitas ini sudah layak ditonton karena kualitas gambar dan audio sudah sangat bagus walaupun ukurannya tidak terlalu besar. Kualitas ini bersumber pada TV yang direkam dengan menggunakan peralatan recording.

8.        Kualitas WEB-DL
WEB-DL merupakan kualitas yang hampir setara dengan Bluray 720p, kualitas ini lebih baik dibandingkan dengan HDTV karena Di versi WEB-DL biasanya tidak terdapat logo TV / iklan berjalan dibawah layar seperti yang terdapat di versi HDTV dan ukurannya pun lebih besar di bandingkan HDTV. Resolusi yang ada pada WEB-DL biasanya 720p dan 1080p.

9.        Kualitas Bluray/ BRRip
Bluray/ BRRip merupakan kualitas tertinggi untuk film sharing, gambar dan audionya sudah sangat bagus . Bluray / BRRip memiliki resolusi yang tertinggi yaitu 1920x1080 (1080p) dan 1280x720 (720p), semakin besar resolusinya semakin bagus juga kualitasnya. Jika mendownload film berkualitas Bluray diperlukan spesifikasi komputer yang tinggi karena jika spesifikasinya rendah gambarnya akan patah-patah/ bahkan tidak dapat ditonton.Biasanya film berkualitas ini keluar disitus-situs download sekitar 3 bulan setelah tidak tayang dibioskop lagi tetapi tergantung pada kualitas film itu sendiri, jika film-film box office maka akan lebih dari 3 bulan dan jika film-film biasa maka tidak akan lebih dari 3 bulan bahkan terkadang saya melihat film baru tetapi telah berkualitas bluray, tidak lebih dari 1 bulan.


Kualitas tambahan :

Unrated version (versi yang tidak ditayangkan di Bioskop)
Versi/ kualitas ini menayangkan adegan atau scene yang tidak boleh ditayangin dibioskop tetapi dapat kamu lihat dalam versi ini, seperti adegan nudity (telanjang), strong seksual, contohnya seperti film American Pie yang menayangkan banyak adegan seksual dan juga strong violence seperti film SAW, dll. Biasanya, ukuran file dikualitas ini sangatlah besar hingga kurang lebih 10GB dan jika dibandingkan dengan versi Bluray durasi versi ini lebih panjang tetapi hanya beda beberapa menit saja.

Nah, itu semua adalah kualitas-kualitas film yang saya ketahui. Cukup sekian info dari saya tentang Jenis Kualitas Film jika ada kekurangan atau kesalahan mohon dimaafkan dan jika kalian ingin menambahkannya, kalian bisa komentar dibawah tetapi mohon untuk menjaga perkataan (dilarang SPAM, berkata kasar, berbau SARA dll). Komentar tersebut akan langsung saya hapus dan Terima Kasih atas kunjungannya.

Terima kasih telah membaca artikel di Mbah Sinopsis, Berikut beberapa peraturan yang perlu diketahui:

1. Dilarang meninggalkan link aktif dikomentar blog

2. Komentar yang tidak relevan dengan artikel yang terkait akan dihapus

3. Berkomentarlah dengan sopan, dilarang SPAM, berkata kasar, SARA dan segala bentuk komentar yang tidak layak untuk dipublish

4. Jika ingin copas artikel diblog ini mohon untuk mencantumkan sumber..


Mohon maaf jika ada perkataan Mbah yang kurang berkenan, Semoga kalian mendapatkan apa yang kalian cari disini.. Salam Movie dari Mbah..
EmoticonEmoticon