Jenis-Jenis Akrilik dan Cara Perawatannya

Akrilik merupakan bahan yang umum digunakan dalam berbagai aplikasi, termasuk dalam industri konstruksi, seni lukis, pembuatan barang konsumen, dan banyak lagi. Biasanya akrilik digunakan sebagai bahan pengganti kaca dalam berbagai aplikasi. Meskipun akrilik lebih ringan dari kaca, itu juga jauh lebih kuat. Akrilik memiliki kekuatan yang lebih baik daripada kaca, yang membuatnya lebih tahan terhadap benturan dan retak. Maka dari itu banyak yang menjadikannya sebagai atap akrilik, panel jendela dan pintu, panel dinding dan partisi, hingga pembuatan aquarium dan kolam renang.

 

Pengertian Akrilik

 

Akrilik adalah sebuah plastik polimer termoplastik yang terbuat dari senyawa kimia yang dikenal sebagai ester akrilik atau metakrilat, yang memiliki bentuk yang transparan. Akrilik memiliki kejernihan yang tinggi, yang membuatnya sering digunakan sebagai pengganti kaca dalam berbagai aplikasi yang memerlukan kemampuan pencahayaan atau visibilitas.

 

Karena berbahan polimer sintetik yang serbaguna, akrilik memiliki berbagai kelebihan seperti mudah dibentuk, lebih ringan dan lebih kuat dari kaca, material yang sangat transparan, hingga mudah untuk dibersihkan dan dipelihara.

 

4 Jenis Akrilik

 

Adapun akrilik terdiri dari 4 jenis, yaitu:

 

  1. Cast Acrylic/ Akrilik Cetak

 

Cast acrylic adalah salah satu jenis akrilik yang diproduksi melalui proses pengecoran (casting) dari bahan baku akrilik cair. Proses pengecoran ini melibatkan penempatan bahan baku yang dilelehkan kemudian akrilik cair ke dalam cetakan atau lembaran, kemudian dibiarkan mengeras menjadi bentuk yang diinginkan. Pembuatan akrilik jenis ini banyak melibatkan tenaga manusia, karena prosesnya tidak dapat diautomisasi.

 

  1. Extruded Acrylic/Akrilik Ekstrusi

 

Extruded acrylic adalah salah satu jenis akrilik yang diproduksi melalui proses ekstrusi. Proses ini melibatkan penekanan bahan baku akrilik cair melalui cetakan yang sesuai dengan bentuk yang diinginkan, kemudian mengeringkannya menjadi lembaran atau profilmassa yang solid. Berbeda dengan cast acrylic, akrilik jenis ini dibentuk menggunakan mesin yang secara otomatis akan menekannya menjadi bentuk tertentu.

  1. Clear Acrylic Sheeting/Akrilik Lembaran Transparan

 

Clear acrylic sheeting, atau lembaran akrilik bening, adalah lembaran akrilik yang memiliki sifat transparansi tinggi, hampir setara dengan kaca. Ini adalah salah satu bentuk paling umum dari akrilik dan digunakan dalam berbagai aplikasi karena kejernihannya yang tinggi dan kemampuannya untuk menyerap dan memantulkan cahaya dengan baik. Jenis akrilik ini sangat cocok untuk dijadikan dekorasi di rumah.

 

  1. Colored Acrylic Sheeting/Akrilik Lembaran Berwarna

 

Colored acrylic sheeting, atau lembaran akrilik berwarna, adalah lembaran akrilik yang telah diwarnai dengan berbagai pilihan warna. Ini adalah salah satu bentuk yang umum dari akrilik dan digunakan dalam berbagai aplikasi karena kemampuannya untuk memberikan pilihan warna yang beragam dan menarik.

 

Perawatan Akrilik

 

Perawatan akrilik relatif mudah dan sederhana, tetapi membutuhkan beberapa perhatian agar tetap dalam kondisi yang baik dan terawat. Bersihkan akrilik secara berkala, bisa gunakan kemoceng, kanebo, kain lembut atau spons. Basahi dengan air hangat dan tambahkan sedikit sabun. Hindari penggunaan pembersih abrasif atau beralkohol yang dapat merusak permukaan akrilik.

 

Setelah membersihkan, pastikan untuk mengeringkan permukaan akrilik dengan lembut menggunakan kain yang bersih dan lembut atau lap kering yang tidak meninggalkan serat. Hindari menggunakan bahan kimia yang keras atau abrasif seperti pemutih, amonia, atau aseton pada permukaan akrilik. Ini dapat merusak dan menggores permukaan akrilik.

 

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *